Kesiapan PT Hasnur Citra Terpadu Mencegah Karhutla



PT Hasnur Citra Terpadu (HCT) telah siap siaga dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan, PT HCT menggelar apel siaga karhutla 2017, Rabu(13/9/2017). Personel dan armada pemadam karhutla dipersiapkan dengan lengkap. Apel siaga diikuti oleh personel PT HCT, para relawan dan masyarakat desa peduli api, BPBD Tapin, Polres dan Kodim Rantau. Pada apel siaga itu juga digelar demontrasi memadamkan karhutla oleh tim gabungan. Acara apel akbar ini rutin dilakukan PT HCT dalam rangka mengajak semua komponen pemerintah dan masyarakat untuk mencegah terjadinya karhutla di Tapin.

Pada acara itu PT HCT menampilkan armada yang dimilikinya, tidak hanya mobil pemadam, tetapi juga pemadam gendong yang mudah dibawa setiap orang ke dalam hutan. Banyak lagi alat pemadam lainnya, baik modern maupun tradisional.

Bupati Tapin Drs HM Arifin Arpan MM memuji aksi PT HCT yang digelarnya setiap tahun. PT Hasnur Citra Terpadu patut dijadikan contoh oleh perusahaan lain dalam kesiapan mencegah dan menghadapi karhutla. Personel relawan PT HCT semakin terlatih, armadanya semakin lengkap juga telah berperan melatih masyarakat sekitar dalam mencegah karhutla, jelas bupati. Bupati Tapin HM Arifin Arpan menegaskan bahkan pencegahan karhutla tidak hanya tanggung jawab pemerintah dan perusahaan, tetapi juga masyarakat.

Dalam kesempatan itu juga Deputi Presiden Direktur Hasnur Group, Suroyo Gino mengatakan bahwa kejadian kebakaran hutan terjadi setiap tahunnya di Kalimantan Selatan dengan begitu PT Hasnur Citra Terpadu secara rutin mengantisipasinya agar kebakaran tersebut dapat dipadamkan secara bersama-sama.

Selain itu, dilaksanakan simulasi memadamkan kebakaran lahan yang terjadi di wilayah kawasan perkebunan PT Hasnur Citra Terpadu.